//
you're reading...
Computer & Programming

Installasi Ubuntu 9.10 (Karmic Koala)

DesktopPada tanggal 29 Oktober 2009 Ubuntu secara resmi merilis Ubuntu untuk kali kesebelas yang dinamakan Karmic Koala atau Ubuntu 9.10. Untuk mulai instalasi kita memerlukan beberapa hal, yang pertama tentu saja memerlukan Ubuntu 9.10 Desktop ISO image yang sesuai dengan arsitektur hardware kalian (i386 atau amd64). Kalo gak punya caranya bisa minta di saya (baik banget.. :)) atau bisa dicari di toko komputer terdekat di daerah kalian atau dibeberapa situs – situs yang menyediakan free download ISO. Jika kalian dapetnya bukan CD langsung alias ISO, burn ISO tersebut di CD/DVD dengan kecepatan 8x biar gak cepet rusak.🙂

Kalo udah dapet CD/DVD nya silakan ikuti cara – cara dibawah atau download pdf nya:

1. Hidupin Komputer (ya iyalah -_-‘)

2. Masukkan CD/DVD Ubuntu 9.10 ke CD/DVD ROM kemudian restart komputer dan boot CD/DVD tersebut, caranya ketika pertama kali proses booting berjalan tekan tombol F12 lalu kemudian pilih CD/DVD ROM kalian.

3. Pilih Bahasa

Bahasa

4. Pilih Install Ubuntu

Install Ubuntu

5. Tunggu sampai CD load ke RAM

Load

6. Kamu akan melihat wallpaper untuk beberapa detik. Ketika installer muncul, kamu akan memilih bahasa untuk seluruh proses instalasi. Klik tombol “Forward” tombol untuk melanjutkan.

Bahasa Instalasi

7. Kamu dapat memilih lokasi kamu saat ini dari Drop Down List yang terletak di bagian bawah tampilan Peta. Klik tombol “Forward” setelah kamu memilih lokasi yang Anda inginkan (Indonesia lho ya!!! Jakarta atau Jayapura terserah)

Wilayah

8. Pada layar ketiga, kamu akan dapat memilih layout keyboard yang kamu inginkan (defaultnya sih USA, gak usah diganti). Klik tombol “Forward” ketika kamu selesai dengan konfigurasi keyboard.

Keyboard

9. Harddisk Partisi (Hati – hati disini, khusunya yang udah install OS lain di computer kalian)

• Jika kamu punya sistem operasi lain (misalnya Windows XP) dan kamu ingin dualboot dengan sistem, pilih opsi pertama: “Install them side by side, choosing between them at each startup.”

Partisi1

• Jika kamu ingin menghapus sistem operasi yang ada, atau harddisk sudah kosong dan kamu ingin membiarkan installer secara otomatis mempartisi harddiskmu, pilih pilihan kedua, “Use the entire disk” (dianjurkan untuk yang tidak memiliki OS lain)

Partisi2

• Pilihan ketiga adalah “Use the largest continuous free space” dan itu akan menginstal Ubuntu 9.10 di unpartitioned ruang pada harddrive yang dipilih.

• Pilihan keempat adalah “Specify partitions manually” dan dianjurkan HANYA untuk pengguna tingkat lanjut, untuk menciptakan partisi khusus atau memformat harddisk dengan filesystem lain daripada default. Tetapi juga dapat digunakan untuk menciptakan / home partisi, yang sangat berguna dalam kasus menginstal ulang seluruh sistem.

• Pastikan bahwa hard drive yang kamu pilih yang benar. / dev / sda adalah physical harddrive pertama. / dev / sdb adalah harddrive kedua pada mesin kamu. Jadi, pastikan bahwa kamu tahu mana yang ingin kamu format! Jika tidak, kamu bakal kehilangan SEMUA DATA pada harddrive.

• Taruh kursor pada baris “free space” dan pilih tombol “Add”.Pada jendela baru, pilih “Primary”, ketik nilai antara 30.000 dan 50.000 (atau apa pun ruang yang tersisa) dalam kotak “New partition size in megabytes” dan pilih / home sebagai “Mount point.”. Klik tombol OK dan dalam beberapa detik, kamu akan melihat sebuah “ext4 / home” sesuai dengan ukuran yang ditetapkan.

Partisi3

• Ini adalah tampilan tabel partisi kamu. Jika benar seperti ini, klik tombol “Forward” untuk melanjutkan dengan instalasi.

Partisi4

• Isi data diri kamu, username, dan password sebelum proses Instalasi dijalankan.

username

• Ini adalah langkah akhir instalasi. Di sini, kamu dapat memilih untuk menginstal boot loader di partisi lain atau hard drive default, tetapi hanya disarankan untuk pengguna tingkat lanjut.

bootloader

• Klik “Instal” untuk memulai proses instalasi.

ready

• Proses Instalasi

proses Install

• Instalasi Selesai kira – kira 10 -20 menit dan akan muncul seperti ini

selesai

• Keluarkan CD lalu tunggu hingga computer restart

• Jika sukses maka akan tampil seperti ini

login

• Tampilan Ubuntu 9.10

Desktop

Selamat Mencoba!!!

edited & translated by anantarm
source softpedia

Diskusi

One thought on “Installasi Ubuntu 9.10 (Karmic Koala)

  1. thanks brow, Tutorial ini sangat membantu>>>>>>>>>

    Posted by Putra | Desember 3, 2009, 7:29 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Visitor’s Location

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: