//
you're reading...
Accounting

Intro Accounting Information System

–         SIA (Sistem Informasi Akuntansi) adalah bagian / subsistem  dari Sistem Informasi yang menyediakan informasi yang berhubungan dengan Akuntansi dan Keuangan.

–         Fungsi dari SIstem Informasi Akuntansi sendiri adalah untuk mempersiapkan dan menghadapi masalah – masalah keuangan.

–         Struktur Sistem Informasi

Sistem Informasi :

–         Sistem Informasi Akuntansi

–         Sistem Informasi Manajemen

  • Finance
  • Marketing & Sales
  • Production
  • Distribution & Inventory
  • Human Resources
  • Others


–         Perbedaan Akuntansi dengan bagian Keuangan (Finance) :

  1. Akuntansi : Mencakup seluruh kegiatan pencatatan aliran keuangan seluruh organisasi
  2. Finance : Mencakup bagian – bagian tertentu dalam organisasi (Karyawan, Nasabah, Sponsor, dll)

–         Pada perusahaan besar biasanya fungsi Marketing dan Sales dibedakan.

–         Marketing (Pemasar) cenderung pemilik ide kreatif pemasaran, sedangkan Sales (Penjual) hanyalah bertugas untuk memasarkan produk yang ditawarkan.

–         Sistem Pengembangan Pemrograman Komputer :

  • Stanalone (Berdiri Sendiri) -> Tak berhubungan sama sekali
  • Integrated (Terintegrasi) -> Terhubung namun tidak realtime
  • ERP (Enterprise Resource Planning) -> Terhubung secara online

–         Perspektif dari Akuntan

  • Lingkungan Sistem Informasi : Proses Bisnis, Tipe Informasi, Deskripsi Aliran Informasi
  • Dampak Sistem Informasi Akuntansi bagi Struktuk Organisasi
  • Model Sistem Informasi Akuntansi : Manual, Flat File Systems, Database, REA (Resources, Events, Agents), ERP
  • Hak Akses Akuntan : Pengguna, Desainer, Auditor

–         Flat File System digunakan untuk transfer data dengan tujuan tertentu (Efisiensi)

–         Pengantar Proses Transaksi :

  • Proses Transaksi memiliki hubungan antara dokumen-dokumen, jurnal-jurnal, ledger dan Sistem Keuangan pada setiap system, baik manual maupun berbasis computer.
  • Teknik Dokumentasi Sistem
  • Teknik Pengolahan Data : Batch dan Real-Time

–         Ethics, Fraud, Internal Control

  • Ethical issues related to business
  • Fraud and Accountants
  • Internal Control Concepts and Procedure

–         Internal Control

  • Kebijakan & Prosedur yang ditetapkan untuk memberikan jaminan tercapainya tujuan perusahaan
  • 5 Elemen pendukung :
    1. Lingkungan
    2. Pengendalian
    3. Sistem Akuntansi & Prosedur Pengendalian
    4. Risk Assesment
    5. Informasi  & Komunikasi

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Visitor’s Location

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: